Find Us On Social Media :

Sakit Kepala Saat Puasa Bukan Cuma Lapar, Begini Cara Mengatasinya

Sakit kepala di saat puasa bisa karena lapar dan akibat lain seperti kurang tidur.

 

GridHEALTH.id – Sakit kepala saat lapar bisa jadi mengesalkan. Kondisi tidak mengenakkan ini bisa timbul karena orang-orang yang menjalankan ibadah puasa mengalami kurang tidur dan dehidrasi akibat asupan makanan dan minuman yang terbatas.

Namun, sakit kepala selama puasa dapat dicegah dengan memperhatikan pola makan, pola tidur, dan tidak melewatkan sahur.

Ahli Gizi dari Departemen Diet Rumah Sakit Umum Singapura, Tan Sheau Kang, mengatakan, meskipun melewatkan sahur agar mendapatkan tidur yang berkualitas terdengar menarik, tapi seharusnya tidak dilakukan.

"Melewatkan sahur sama saja dengan melewatkan makan. Sementara tubuh orang yang berpuasa bergantung pada makanan, agar semua nutrisi terserap baik sehingga tubuh berenergi sampai waktu iftar (makan malam)," kata Tan dikutip dari situs Health XChange Sg.

Karena jam orang berpuasa lebih lama, bahkan di sejumlah bagian negara tertentu ada yang sampai 20 jam, cenderung merasa lelah dan dehidrasi di siang hari saat memutuskan untuk tidak sahur.

Jangan menyerah ketika sakit kepala menyerang di kala puasa. Perhatikan tips berikut untuk mengurangi keluhan sakit kepala;

Baca Juga: Telat Bangun Tak Perlu Panik,  Ini Resep Makanan Sahur Praktis & Sehat agar Puasa Lancar

Baca Juga: Keren, Miss Inggris Tanggalkan Mahkota Agar Bisa Kembali ke Profesi Dokter Demi Layani Pasien Covid-19

1. Hindari makan berlebihan selama berbuka puasa. Ini akan menarik sirkulasi darah ke perut, dan hasilnya akan menjadi sakit kepala.