Find Us On Social Media :

Kualitas dan Kuantitas ASI Mudah Didapat Dari 3 Sumber Makanan Ini

Penelitian membuktikan, ikan gabus, daun katuk, dan daun torbangun dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

 

GridHEALTH.id - Asupan gizi merupakan hal penting dalam meningkatkan produksi ASI yang menjadi kebutuhan bayi.

Sejumlah ahli merekomendasikan tiga bahan alam asli Indonesia yang ditengarai dapat meningkatkan produksi ASI yakni daun katuk, daun torbangun, dan ikan gabus

Menurut dokter konselor ASI, dr. Ameetha Drupadi, CIMI., di acara peluncuran produk ASIBooster HerbaASIMOR bertajuk “Kawal Awal Kehidupan Bersama HerbaASIMOR” pada 21 April 2020 di Jakarta, yang digelar secara virtual melalui Youtube Okezone.com.

1000 hari pertama kehidupan juga termasuk dalam fase yang sangat penting dalam pencegahan stunting. Ini juga periode yang paling penting untuk perkembangan tubuh dan otak anak. 

Karenanya, ibu harus mendapatkan asupan makanan yang bergizi dari masa kehamilan hingga kelahiran anak agar dapat memiliki kuantitas maupun kualitas ASI yang baik,” jelas dr Ameetha.

Ameetha merekomendasikan tiga bahan alami yang telah diteliti secara ilmiah untuk meningkatkan produksi ASI, yakni ikan gabus, daun katuk, dan daun torbangun.

Baca Juga: Studi : Tidur Tengkurap Kurangi Rasa Kesakitan Pasien Covid-19

Baca Juga: Penting Menjaga Kualitas Udara di Dalam Rumah, Kata Dokter Reisa

“Menurut penelitian, ikan gabus merupakan ikan air tawar yang dapat memberikan nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan anak, sementara daun katuk direkomendasikan karena terbukti meningkatkan produksi ASI, dan daun torbangun yang tinggi kadar zinc, zat besi, kalium, dan magnesium dapat berpengaruh dalam meningkatkan berat badan bayi,” terangnya.