Find Us On Social Media :

Pasien Terakhir Sudah Pulang, dan 12 Hari Belum Ada Kasus Baru Virus Corona, Bukti Karantina Vietnam Sukses?

Vietnam berhasil menekan angka positif virus corona, bahkan tak ada kematian yang dilaporkan akibat otoritas kesehatannya tanggap sejak awal.

GridHEALTH.id – Banyak negara yang terkena dampak virus corona iri dengan apa yang terjadi di Vietnam.

Bayangkan, kasus pertama virus corona di Vietnam terjadi pada Januari lalu, tapi empat bulan kemudian, hanya ada 270 kasus Covid-19 dan tidak satu pun meninggal.

Sungguh luar biasa usaha yang dilakukan oleh negara dengan 100 juta penduduk yang berbatasan langsung dengan China. Setelah pasien terakhir pulang, Vietnam kini sudah 12 hari tidak ada kasus baru corona dari penularan lokal.

Negara komunis satu partai itu menerapkan sejumlah aturan yang secara signifikan memperlambat penyebaran virus corona, dan dipatuhi oleh seluruh rakyatnya dengan sukarela.

Sementara di negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura dan Malaysia yang awalnya juga sukses mengendalikan pandemi tapi kemudian dihantam gelombang kedua, Vietnam berhasil menjaga tingkat penularan serendah mungkin.

Sebagai perbandingan, di Selandia Baru yang penularannya juga sudah berhasil dihentikan, ada 1.126 kasus dengan 19 kematian.

Baca Juga: China Berang India Batal Beli Alat Tes Covid-19 Akibat Tak Akurat

Baca Juga: Istri Tak Kunjung Hamil? Suami Tak Perlu Malu Segera Periksa ke Dokter

Memang tidak semuanya berita baik, Vietnam juga melaporkan delapan pasien yang sudah sembuh ternyata dites positif lagi.