Find Us On Social Media :

Puasa Ramadan Terbukti Bermanfaat Bagi yang Punya Masalah Kulit

Di saat puasa terjadi regenerasi sel-sel kekebalan tubuh, dan penurunan radikal bebas yang membuat kulit menjadi lebih baik.

GridHEALTH.id - Dari segi ilmiah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh telah banyak diteliti dan dibahas, diantaranya menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, memperbaiki profil lemak darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) dan lain-lain.

Bagaimanakah manfaat puasa bagi kesehatan kulit dan yang apa tips bagi orang yang mempunyai kulit yang bermasalah selama menjalankan ibadah puasa?

Pada orang yang berpuasa terjadi proses fisiologis yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kondisi atau keadaan kulit.

Proses fisiologis yang terjadi selama menjalankan puasa telah diteliti pada beberapa penelitian, diantaranya adalah terjadi keseimbangan anabolisme dan katabolisme, proses detoksifikasi (penetralan dan pengeluaran racun atau bahan berbahaya bagi tubuh).

Saat puasa juga terjadi penurunan radikal bebas dan peningkatan status antioksidan, peningkatan regenerasi sel dan jaringan, reprogramming sel punca (stem cells), dan perbaikan pada sistem kekebalan tubuh, serta dapat berpengaruh dalam perbaikan status mental.

Pada kulit, secara klinis pengaruh proses-proses fisiologis tersebut dapat dilihat dari terjadinya proses rejuvinasi kulit yang ditandai dengan penghambatan proses penuaan kulit (aging).

Baca Juga: Virus Corona Terdeteksi Hingga Sperma Pasien, Potensi Penularan Lewat Hubungan Intim?

Baca Juga: Hindari Kemacetan, Sebab Duduk Lama di Mobil Bikin Susah Punya Anak

 

Sementara itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat berpengaruh pada perbaikan penyakit inflamasi (peradangan) kronis (lama dan kambuh-kambuhan).