Find Us On Social Media :

Hanya Di Indonesia, Gorengan Jadi Makanan Favorit Berbuka Puasa

Ahli gizi menyebutkan, mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa tidak masalah sepanjang jumlahnya dibatasi.

 

GridHEALTH.id - Salah satu kebiasaan orang Indonesia ketika masuk waktu berbuka puasa yakni menyantap gorengan, seperti mendoan, pisang goreng, risol, bakwan, dan lainnya. Tanpa adanya gorengan yang tersaji ketika berbuka puasa dirasa kurang lengkap.

Memang, gorengan adalah jajanan yang banyak penggemarnya. Memiliki rasa yang renyah, gurih dan nikmat membuat semua orang menyukai jajanan yang digoreng dengan tepung ini.

Gorengan sendiri merupakan makanan yang sangat khas di Indonesia. Biasanya dapat ditemui di gerobak pinggir jalan pada sore hari.

Jajanan gorengan ini sendiri memiliki banyak macamnya. Mulai dari ketela goreng, bakwan, tempe, tahu yang dibalut dengan tepung dan digoreng hingga berwarna kuning keemasan.

Selain rasanya yang sangat lezat, renyah dan gurih, alasan lain kenapa gorengan bisa menjadi makanan favorit semua orang adalah harganya murah, cocok dinikmati dengan cabe rawit atau sambal botol dan berbagai macam sambal lainnya, praktis dibuat karena tak butuh waktu lama, dan mudah didapat kala ingin membeli.

Lantas, apakah aman jika saat berbuka puasa kita langsung menyantap gorengan? Terkait hal itu, dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam Hospital, Jakarta Selatan, dr Inge Permadhi mengungkapkan, awalnya fenomena tersebut terjadi karena adanya naluri seseorang yang lapar dan ingin mengonsumsi semua makanan yang dianggapnya enak.

Baca Juga: Makanan Digoreng Saat Berbuka dan Sahur Tak Bisa Dihindari, Ini Cara Membuat Gorengan Lebih Sehat

Baca Juga: Akibat Virus Corona Sudah Mutasi Ribuan Kali, Ilmuwan Cemas Penemuan Vaksin Bakal Lama

"Berbuka puasa dengan makan gorengan dengan cukup sering. Secara naluri, ketika lapar, orang ingin mengonsumsi semua makanan yang dianggapnya enak dan mengenyangkan. Gorengan yang hangat dan lezat, tentu amat menggiurkan," ujar Inge seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).