Find Us On Social Media :

Studi : Kucing Bisa Tularkan Virus Covid-19, Penggemar Hewan Ini Diminta Batasi Interaksi

Studi terbaru menemukan bahwa kucing dapat menularkan virus corona.

GridHEALTH.id –Kita mendengar berita mengejutkan tentang seekor harimau yang hasil tesnya positif di kebun binatang Bronx, Amerika Serikat (NY Times, 03/05/20).

Epidemiolog penyakit hewan yang mempelajari penyakit menular langsung diserbu pertanyaan, bagaimana virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 bisa menular ke hewan.

Di Hong Kong, petugas kesehatan telah menguji 17 anjing dan 8 kucing yang hidup dengan pasien COVID-19. Mereka menemukan bukti bahwa dua jenis anjing terpapar virus: Pomerian dan German shepherd, meskipun tidak ada yang sakit.

Tidak ada di antara kucing tersebut yang terinfeksi atau sakit. Namun ada laporan terpisah tentang kucing yang di dari Hong Kong.

Kasus kucing lain terinfeksi dilaporkan di Belgia. Pemilik kucing ini juga terkena Covid-19, namun tidak seperti di Hong Kong, pada kasus ini kucing menjadi sakit dengan gangguan pernapasan, disertai diare dan muntah.

Bukti terakhir datang dari Wuhan, Cina. Di sana, peneliti menguji 102 kucing dan menerbitkan studi pra-cetak dan hasilnya, 15 kucing dinyatakan positif memiliki antibodi terhadap virus - yang berarti kucing itu pernah terpapar pada masa lalu.

Baca Juga: Suti 'Atun' Karno Dilarikan ke Rumah Sakit, Rano Karno Minta Penggemarnya Kirim Doa, Ada Apa?

Baca Juga: Fix, WHO Sebut Virus Corona Tak Akan Pernah Hilang, Sepakat Berdamai Seperti Kata Jokowi?

Peneliti tersebut mengatakan bahwa virus corona telah “menginfeksi populasi kucing di Wuhan, ini mengimplikasikan bahwa risiko yang sama juga dapat terjadi di daerah wabah lainnya.”