Find Us On Social Media :

12 Makanan yang Amat Perlu Dihindari Penderita Gangguan Ginjal

Letak ginjal di dalam tubuh. Organ kecil namun sangat berguna. Perlu dijaga kesehatannya dengan menghindari makanan-makanan tertentu.

GridHEALTH.id - Ginjal adalah organ tubuh yang terletak di dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah tulang rusuk bagian belakang. Fungsi ginjal sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup. 

Ginjal terdiri dari sepasang organ, yaitu ginjal kiri dan ginjal kanan. Tiap ginjal berukuran sekitar 10-12 cm atau sebesar kepalan tangan, dan mengandung sekitar satu juta nefron, yaitu saringan darah yang sangat kecil. Terdapat berbagai fungsi ginjal yang memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh.

Ginjal bertugas menyaring darah, membuang limbah melalui urine, memproduksi hormon, menyeimbangkan mineral, dan menjaga keseimbangan cairan. Ketika organ ini terganggu, masalah kesehatan bisa muncul.

Begitu pentingnya peran ginjal dalam tubuh, maka sudah semestinya jika kedua ginjal dijaga kesehatannya, agar selalu dapat berfungsi dengan baik.

Meskipun seseorang dapat hidup normal hanya dengan satu ginjal, namun dalam jangka panjang akan lebih berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Karena itu, memiliki dua ginjal yang sehat tentu lebih baik. Hal ini juga penting dilakukan untuk mencegah terjadinya macam-macam penyakit ginjal.

Baca Juga: Banyak Minum Bisa Merusak Ginjal? Simak Faktanya dari Ahli Kesehatan

Baca Juga: 5 Tanda Tubuh Terserang Multiple Sclerosis, Penyakit Autoimun yang Patut Diwaspadai

Gangguan ginjal yang umum muncul di antaranya seperti batu ginjal, infeksi ginjal, hingga gagal ginjal. Ketika muncul gangguan ginjal, pola makan sehari-hari perlu diperhatikan.