Find Us On Social Media :

Nyeri Punggung Ganggu Aktivitas, Ini Tips Untuk Mengatasinya

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 22 Juni 2020 | 18:30 WIB

Sakit punggung menggangu aktivitas keseharian dan membuat tidak nyaman.

GridHEALTH.id - Nyeri punggung, selain dapat menggangggu aktivitas sehari-hari juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Namun da berbagai cara untuk menghindari masalah yang satu ini, dimulai dengan melakukan kebiasaan baik.

Seperti stop merokok, menjaga berat badan ideal, makan makanan yang sehat dan olahraga. Juga lakukan postur tubuh yang baik, olahraga yang melatih keseimbangan, kekuatan dan fleksibel dapat membantu menguatkan punggung.

1. Pertahankan postur tubuh yang baik

Pertahankan postur tubuh yang baik, duduk dengan tegak, hindari membungkuk dan jangan duduk lebih dari 30 menit.

Penting juga memberi penyangga pada punggung di saat duduk dan tidur. Duduk dengan lutut sedikit menekuk dan lebih tinggi dari pinggul.

Ketika di tempat tidur kita boleh menggunakan bantal untuk menyangga punggung.

Baca Juga: Studi: Pasien Covid-19 Dengan Stres Berisiko Lebih Cepat Meninggal

Baca Juga: Seorang Psikiater Ajarkan Kenali Gejala 'Palsu' Covid-19 Akibat Ketakutan Berlebihan

2. Lakukan olahraga rutin

Selesai berolahraga yang bersifat kardio seperti lari, bersepeda, jalan kaki atau renang, akhiri dengan perenggangan bagian punggung.

Caranya, kita boleh melakukan sit-up dan ektensi bagian punggaung menggunakan bola yang ada. Saat merenggang, pastikan terasa untuk otot atas dan bawah punggung.

Selain itu olahraga juga membantu mempertahankan kelenturan punggung. Apabila tidak mampu melakukan hal tersebut. Berjalan menjadi pilihan yang tepat untuk kesehatan punggung.