Find Us On Social Media :

Di Tengah Merebaknya Kasus Virus Corona, WHO Sebut Dunia Mengalami Krisis Pasokan Oksigen

Direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus

GridHEALTH.id - Ketika kasus infeksi virus corona di dunia telah menjangkit lebih dari 9,5 juta penduduk, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa rumah sakit saat ini mengalami kekurangan konsentrator oksigen.

Konsentrator oksigen merupakan alat yang digunakan untuk memberikan oksigen tambahan bagi pasien penyakit paru-paru.

Baca Juga: Surabaya dan Jakarta? 1 Daerah di Sumbar Sudah Terbebas dari Covid-19, Pemkab Isolasi Lapas, di India Ukur Kadar Oksigen

Sejauh ini, virus corona telah menyebabkan sejumlah orang yang terinfeksi mengalami masalah pernafasan sehingga membutuhkan alat bantuan seperti konsentrator oksigen.

"Banyak negara sekarang mengalami kesulitan mendapatkan konsentrator oksigen," kata direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dilansir dari The Guardian, Kamis (25/6/2020).

"Permintaan saat ini melebihi pasokan." paparnya.

Untuk itu, WHO telah membeli 14.000 konsentrator oksigen dari pabrik dan berencana mengirim mereka ke 120 negara dalam beberapa minggu mendatang, kata Tedros.

Baca Juga: Viral Tenaga Medis Pingsan hingga APD Harus Digunting, Dehidrasi usai Antar Jemput Pasien Covid-19.

Dia menambahkan, sebanyak 170.000 konsentrator yang bernilai sekitar US $ 100 juta atau setara Rp.1,426,300 triliun akan berpotensi tersedia selama enam bulan ke depan.