Find Us On Social Media :

3 Obat Anti Virus yang Beritanya Manjur Untuk Covid-19 Diuji RSUP M Djamil Padang, Efek Sampingnya Berbahaya

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, tengah lakukan uji obat anti virus dan dalam tahap analisa.

GridHEALTH.id - 3 Obat Anti Virus yang Beritanya Manjur Untuk Covid-19 Diuji RSUP M Djamil Padang, Efek Sampingnya Berbahaya

Belakangan ini berbagai rumah sakit tengah melakukan uji klinis obat Covid-19, salah satunya Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat.

Ada tiga jenis obat anti virus yang diuji di rumah sakit itu, yaitu remdesivir, lopinavir/ritonavir dan gabungan lopinavir/ritonavir ditambah interferon beta 1a.

Baca Juga: Jangan Keliru, Dexamethasone Bukan Penangkal Corona Tetapi Mengobati Pasien Covid-19 dengan Kondisi Kritis

Rupanya, uji klinis ketiga obat itu telah dilakukan sejak akhir April lalu yang diberikan kepada pasien Covid-19 yang dirawat di RSUP M Djamil Padang.

"Untuk teknisnya kita sudah bentuk tim yang diketuai dr Irvan, spesialis paru. Tim ini melakukan penelitian," kata Direktur Umum, SDM dan Pendidikan RSUP M Djamil Padang, Dovy Djanas yang dihubungi Kompas.com, Sabtu (27/6/2020).

Baca Juga: Hasil Pengujian Obat Dexamethasone di Indonesia, Obat yang Berhasil Sembuhkan 5.000 Pasien Covid-19 di Inggris

Hingga kini, Dovy memaparkan, uji klinis tersebut masih berlanjut dan dalam tahap analisa.

Dovy pun mengatakan, setiap perkembangan atas dilakukannya uji klinis obat itu, pihaknya mengaku selalu dilaporkan ke Kemenkes sebagai pihak yang menunjuk RSUP M Djamil Padang untuk melakukan uji klinis.

"Kemudian kita melakukan uji klinis dan melaporkan hasilnya ke Kemenkes," jelas Dovy.

Baca Juga: Cara Hadapi Corona ala Presiden Brazil, Hapus Data Covid-19, Anggap Kematian Pasien Sebagai Takdir