Find Us On Social Media :

Update Covid-19; Pertama di Dunia, Universitas Rusia Berhasil Menyelesaikan Uji Klinis Vaksin Covid-19

[Ilustrasi] Vaksin virus corona.

GridHEALTH.id - Saat dunia bergulat dengan peningkatan infeksi Covid-19, salah satu universitas kedokteran negeri di Rusia, Sechenov First Moscow State Medical University telah berhasil menyelesaikan uji klinis vaksin pertama di dunia untuk Covid-19.

Menurut Vadim Tarasov, direktur Institute for Translational Medicine and Biotechnology, Universitas akan mengeluarkan kelompok relawan pertama, yang uji klinisnya dilakukan, pada 15 Juli dan gelombang kedua pada 20 Juli.

Baca Juga: Saat Rajanya Mengisolasi Diri Bermasa Selir di Jerman, Ilmuan Thailand Segera Uji Coba Vaksin Corona ke Manusia November, Siapkan 10 Ribu Dosis

"Universitas Sechenov telah berhasil menyelesaikan tes pada sukarelawan dari vaksin pertama dunia melawan virus corona," kata laporan berita Rusia Sputnik mengutip Tarasov.

Universitas memulai uji klinis vaksin yang diproduksi oleh Institut Epidemiologi dan Mikrobiologi Rusia Gamalei pada 18 Juni ketika sekelompok 18 sukarelawan divaksinasi, dan yang kedua tahap pada 23 Juni dengan sekelompok 20 sukarelawan yang divaksinasi.

Baca Juga: Bill Gates Beri Peringatan; Jika Vaksin Corona Mahal, Covid-19 Akan Jauh Lebih Mematikan

Menurut Alexander Lukashev, direktur Institute of Medical Parasitology, Tropical and Vector-Borne Diseases di Sechenov University, tujuan dari tahap penelitian ini adalah untuk menunjukkan keamanan vaksin untuk kesehatan manusia, yang berhasil dilakukan.

"Keamanan vaksin dikonfirmasi. Ini sesuai dengan keamanan vaksin yang saat ini ada di pasaran," kata Lukashev kepada Sputnik.