Find Us On Social Media :

Rendah Kalori, Ternyata Alpukat Bisa Mengatasi Asam Lambung

Buah alpukat banyak manfaatnya , salah satunya membantu mengatasi gangguan pencernaan yang disebut GERD.

GridHEALTH.id - Buah alpukat memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya, untuk  mengatasi penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Orang awam sering menyebutnya maag.

Alpukat dikenal mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, yakni mengandung  zat besi, mangan, fosfor, tembaga, zinc, vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B3 (niasin) dalam jumlah kecil.

Alpukat juga aman dikonsumsi karena rendah kalori. Alpukat menghadirkan 160 kalori, 15 gram lemak sehat (2,1 gram lemak jenuh, 1,8 gram lemak tak jenuh ganda, dan 10 gram lemak tak jenuh tunggal) dan 2 gram protein. Oleh karena itu buah alpukat disebut dengan buah yang berlemak tinggi.

Alpukat bermanfaat mengatasi GERD karena kaya akan serat yang larut maupun tidak larut. Alpukat menenangkan usus, mencegah sembelit serta mencegah peradangan pada usus atau gejala yang sama. 

Semua kandungan yang ada di dalam alpukat itu menyebabkan orang yang mengonsumsi alpukat dapat mengurangi peradangan, meningkatkan kadar kolesterol dan mengeluarkan cairan empedu dan lambung untuk menjaga keasaman. 

Dengan terjaganya keasaman dalam perut, makanan yang dikonsumsi akan dicerna dengan lebih efisien. 

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Alami Ampuh Menghilangkan Kram Otot dengan Cepat

Baca Juga: Studi: Kebanyakan Kasus Radang Tenggorokan Tidak Membutuhkan Antibiotik

Alpukat juga mengandung alkali yang artinya buah alpukat memiliki tingkat PH yang tinggi sehingga alpukat kaya akan antioksidan dan menjadi salah satu kunci yang membantu mengurangi refluks asam.