Find Us On Social Media :

Mendeteksi Gejala Awal Gangguan Ginjal Agar Tak Jadi Komplikasi

Gangguan ginjal bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

GridHEALTH.id - Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi strategis dalam mempengaruhi kinerja semua bagian tubuh.

Disarikan dari tulisan dr. Luki Agustina SpPD dari RS Husada Utama Surabaya yang berjudul 'Diagnosis Awal Penyakit Ginjal', apabila ada gangguan ginjal, maka akan terganggu pula fungsinya dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit dan asam basa tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium (Na) dan kalium (K) didalam darah atau produksi urine, serta mengatur tekanan darah dan mempertahankan kesehatan tulang. 

Tanda-tanda penyakit ginjal sering tanpa keluhan sama sekali, bahkan tak sedikit penderita mengalami penurunan fungsi ginjal hingga 90% tanpa didahului keluhan. 

Penyakit ginjal disebut kronik jika kerusakannya sudah terjadi selama lebih dari tiga bulan dan lewat pemeriksaan terbukti adanya kelainan struktur atau fungsi ginjal.

Pada penyakit ginjal kronik terjadi penurunan fungsi ginjal secara perlahan sehingga terjadi gagal ginjal yang merupakan stadium terberat penyakit ginjal kronik.

Baca Juga: Waspadai Kencing Berbusa, Bisa Jadi Gejala Awal Gagal Ginjal

Baca Juga: Studi: Kebanyakan Kasus Radang Tenggorokan Tidak Membutuhkan Antibiotik

Makin banyak yang menderita gangguan ginjal dalam usia yang relatif muda yang bisa menimbulkan penyakit ginjal.

Banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit ginjal pada usia muda, yang tersering di antaranya post infetion streptococcus.

Penyakit ginjal dapat digolongkan menjadi 3 yaitu :

- Penyakit ginjal non diabetik (kelainan obstruktif, parenkim dan intersisiil ginjal)

-  Penyakit ginjal diabetik (karena menderita diabetes)

-  Penyakit ginjal transplan (dampak transplantasi ginjal)