Find Us On Social Media :

Senyawa Bioaktif Pada Jamu Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Virus Corona

Jamu mengandung senyawa bioaktif yang berguna memperkuat imunitas tubuh.

GridHEALTH.id - Senyawa bioaktif merupakan senyawa yang terkandung dalam tubuh hewan maupun tumbuhan. Senyawa ini memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, dan antikanker.

Minuman herbal khas Indonesia yang dikenal sebagai jamu juga memiliki komponen bioaktif yang dapat membuat sistem imun dalam tubuh bekerja optimal, sehingga dapat menghindarkan diri dari paparan virus dan bakteri.

Apalagi di tengah pandemi coronavirus disease (Covid-19) seperti saat ini, sangat penting menjaga sistem imun tubuh.

Selain rutin berolahraga, kita juga bisa mengupayakannya melalui konsumsi makanan dan minuman yang sehat, salah satunya jamu.

Guru Besar Bidang Biologi Sel dan Molekuler Universitas Brawijaya (UB) Prof. Drs. Sutiman B Sumitro mengatakan, ketika seseorang terkena Covid-19 akut, pada dasarnya telah terjadi badai inflamasi atau disebut juga badai sitokin.

Dikutip dari beritabaik.id, badai inflamasi tersebut ditandai dengan produksi radikal bebas yang sangat berlebih dan tidak terkendalikan.

Baca Juga: Dicari Sel-T, Rantai yang Hilang Pada Kekebalan Virus Corona

Baca Juga: 5 Keunggulan Menanak Nasi Dengan Air Teh, Mencegah Tumor Hingga Hilangkan Bau Mulut

"Pada kasus badai inflamasi, produksi radikal bebas terjadi terus menerus dapat sampai tingkat parah karena tidak mengenal kontrol. Hal ini beriringan dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Untuk itu diperlukan perbaikan manajemen radikal bebas agar sistem imun dapat bekerja normal," kata Prof Sutiman.