Find Us On Social Media :

Menghindari Efek Samping Obat, Panduan Ini yang Harus Dilakukan

Konsumen perlu waspada dan cerdas dalam menyikapi efek samping obat.

GridHEALTH.id - Definisi efek samping obat menurut WHO adalah tiap respons terhadap obat yang merugikan atau tidak diharapkan, yang terjadi pada dosis yang digunakan pada manusia untuk tujuan profilaksis, diagnosis dan terapi.

Untuk menghindari efek samping obat, perusahaan farmasi biasanya selalu mencantumkan kontra indikasi dan interaksi obat di setiap kemasannya.

Mereka juga memonitor efek samping obat dan selalu melakukan perbaikan untuk menekan efek negatifnya.

Tetapi, banyak juga obat baru yang efek sampingnya baru diketahui setelah beredar di pasar.

Bila efeknya fatal biasanya akan dilakukan penarikan. Obat-obatan yang penggunaannya tidak luas mungkin perlu waktu lama untuk mengetahui semua potensi negatifnya. 

Sebagai konsumen kesehatan, kita juga yang harus waspada terhadap potensi efek samping obat.

Berikut beberapa tips yang dapat menjadi panduan kita seperti disampaikan dra. Rina Moretha, M., Farm., Klin., Apt yang dikutip dari https://www.husadautamahospital.com/

Baca Juga: Steroid Prednison Sedang Diuji Untuk Mengobati Pasien Covid-19 Kritis

Baca Juga: China Temukan Virus CoronaJuga Ada Pada Kemasan Makanan Beku

1. Baca dosis dan aturan pakainya

Setiap obat berbeda kekuatannya. Bacalah dosis obat dengan cermat ketika Kita akan mengkonsumsinya. Bila dokter menyarankan setengah tablet, jangan mengubahnya sendiri karena kita merasa kekuatannya kurang.

Berkonsultasilah dengan dokter sebelum melakukannya. Tanyakan juga ke dokter atau apoteker bila kita akan menggerus atau memecah tablet. Beberapa jenis obat harus ditelan secara utuh.