Find Us On Social Media :

Jangan Ditunda, 7 Pemeriksaan Kesehatan Tetap Harus Dilakukan di Masa Pandemi Covid-19

Kunjungan ke dokter anak, terutama di usia balita, termasuk yang tetap harus dilakukan di masa pandemi Covid-19.

GridHEALTH.id -  Sejak pandemi virus corona (Covid-19), pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah saja, tidak terkecuali pasien yang memiliki berbagai penyakit kronis.

Pasien juga diminta untuk melakukan kontrol secara online dan tidak ke rumah sakit jika tidak butuh sekali, demi menghindari penularan virus corona. Namun, hingga saat ini belum ada tanda-tanda bahwa pandemi Covid-19  segera berakhir.

Di sisi lain, pasien yang memiliki penyakit kronis seperti jantung, paru-paru, diabetes, hipertensi, dan lainnya masih khawatir untuk kontrol ke rumah sakit.

D alam kondisi seperti ini, para pasien yang memiliki penyakit kronis sebetulnya boleh saja melakukan kontrol ke rumah sakit.

Sebab, jika tidak dilakukan atau menunda memeriksakan kesehatan malah bisa berbalik memunculkan dampak buruk. Hal ini bisa memperparah kondisi kesehatan yang dimiliki seseorang.

Pada masa adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang, pemeriksaan kesehatan sudah bisa lagi dilakukan. Selama mengikuti protokol kesehatan secara tepat, kita seharusnya tidak ragu lagi ketika harus memeriksakan kesehatan ke rumah sakit.

Baca Juga: UNICEF: Anak Indonesia Kekurangan Gizi Meningkat Akibat Pandemi Covid-19

Baca Juga: Penyebaran Covid-19 di Indonesia Sudah Tidak Terkendali, Jauh di Atas Angka WHO

"Penting bagi kita untuk tidak mengesampingkan pemeriksaan kesehatan rutin," terang Erin Michos, MD, dari Johns Hopkins Medicine dikutip dari Live Strong (17/08/2020).