Find Us On Social Media :

Studi Terbaru; Isolasi Mandiri 14 Hari Tidak Cukup Untuk Hilangkan Virus Covid-19

Temuan terbaru dari seorang profesor di Bangkok, isolasi mandiri 14 hari tak cukup hilangkan virus Covid-19. Seharusnya diperpanjang 1 bulan.

GridHEALTH.id - Pertama, tujuh, lalu 10, dan sekarang 14. Tetapi apakah karantina atau isolasi mandiri selama dua minggu sebenarnya cukup untuk memastikan pemulihan penuh dari Covid-19?

Seorang ahli virologi di Thailand percaya bahwa pemerintah di seluruh dunia sangat lalai dalam tindakan mereka.

Profesor Yong Poovorawan dari Universitas Chulalongkorn Bangkok mengatakan dia akan merekomendasikan pasien untuk mengisolasi diri selama 14 hari lagi - artinya hampir sebulan - untuk memastikan virusnya hilang.

Ahli virologi, yang juga seorang profesor medis di hepatologi anak dan hepatitis virus, mengatakan dia sampai pada kesimpulan setelah mempelajari 212 kasus Covid-19. Dia menguraikan kesimpulannya dalam empat poin dalam sebuah posting Facebook minggu lalu.

“Saya menemukan 6,6% dari mereka menunjukkan gejala empat hingga 12 minggu setelah mereka diizinkan pulang. Kami juga menemukan virus setelah 36-105 hari gejala, tapi sangat lemah sehingga kemungkinan penularan penyakit ke orang lain sangat rendah, ”ujarnya.

"Kisaran penetasan" virus corona di sebagian besar kasus Covid-19 adalah dua hingga tujuh hari, menurut pengamatannya. “Bisa ditemukan hingga 14 hari dan mungkin kurang dari 21 hari,” kata Poovorawan.

Baca Juga: Takut Menulari Warga, Pak RT Gembok Rumah yang Dihuni Pasangan Penderita Covid-19

Baca Juga: Penghasilan Menurun di Masa Pandemi Covid-19, Atur Ulang Keuangan Keluarga, Begini Kiatnya

“Oleh karena itu, mereka yang telah menjalani isolasi 14 hari harus tetap berada di bawah karantina di rumah selama 14 hari lagi untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam pencegahan penyebaran penyakit,” katanya, menambahkan bahwa deteksi Covid-19 setelah 14 hari “dimungkinkan pada pasien. ”