Find Us On Social Media :

Mengunyah Labu Siam Rebus Setiap Hari, Menjaga Tiroid Tetap Sehat

Labu siam rebus dikunyah setiap hari memberi banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya menjaga kesehatan hormon tiroid.

GridHEALTH.id - Labu siam (Sechium edule), atau sering disebut jepan atau jipang, lebih digemari sebagai bahan baku membuat sayuran dan mudah ditemukan di pasaran.

Labu siam memiliki tekstur daging buah yang berwarna putih, renyah, dan memiliki banyak kandungan air.

Meskipun tidak terlalu manis, nyatanya labu siam banyak digemari masyarakat Indonesia.

Labu siam lebih sering dimasak dengan santan menjadi sambah goreng atau sayur godog, yang biasa disajikan saat Lebaran tiba.

Tetapi di Jawa Barat, labu siam cukup direbus atau dikukus dan dijadikan lalapan. Ternyata ini cara paling sehat untuk mengonsumsi karena tanpa tambahan minyak dan santan.

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya juga tak banyak hilang. Karena ternyata labu siam juga menyimpan berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pilih labu siam yang berbentuk kecil sehingga kita tak perlu repot memotong-motong. Dilansir dari rndhealthtips.com, ada  beragam manfaat labu siam yang sangat istimewa;

Baca Juga: Studi: Hormon Cinta Oksitosin Dapat Membantu Menaklukkan Alzheimer

Baca Juga: Studi Terbaru; Isolasi Mandiri 14 Hari Tidak Cukup Untuk Hilangkan Virus Covid-19

Menjaga tiroid tetap sehat

Labu siam memiliki kandungan tembaga sebesar 6% dan ini sangat penting dalam membantu iodium dalam menjaga tiroid tetap sehat.

Tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, suhu tubuh, denyut jantung, dan metabolisme.

Kekurangan tembaga tidak hanya memengaruhi tiroid, tapi juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti migrain, alergi, hingga perasaan tidak menentu dan depresi.