Find Us On Social Media :

Studi: Peneliti Temukan Virus Corona Bertahan Pada Salmon Beku

Dalam sebuah penelitian di China ditemukan keberadaan virus corona ternyata ada di salmon beku.

GridHEALTH.id - Perang kita melawan virus corona rupanya masih panjang karena virus corona ini bisa bermutasi dan menempel pada berbagai benda.

Setelah diberitakan bisa menempel di sarung bantal dan permukaan metal, lalu bertahan pada frozen food, penelitian di China menunjukkan virus corona dapat bertahan pada salmon beku atau salmon dingin lebih dari seminggu.

Para peneliti dari South China Agricultural University dan Guangdong Academy of Agricultural Sciences di Guangzhou membuktikan virus dapat bertahan delapan hari pada suhu 39 derajat Fahrenheit--suhu saat ikan diangkut.

Studi yang baru dirilis itu belum dipublikasikan namun telah menjalani peer-reviewed. Dengan titer (50% dosis infeksi kultur jaringan atau TCID50/ml), media kultur disimpan pada suhu 4 derajat Celcius atau suhu yang biasa digunakan untuk menyimpan ikan dan, 25 derajat Celcius atau suhu kamar biasa.

Hasilnya, media kultur yang disimpan pada suhu 4 derajat Celcius bisa tetap hidup selama 8 hari. Sedangkan jika disimpan pada suhu 25 derajat Celcius, bisa bertahan selama 2 hari.

"Ikan ekspor atau impor harus dikirimkan dalam lingkungan bersuhu rendah (0-4 derajat Celcius).

Baca Juga: Dokter Asing Tak Percaya Angka Kasus Covid-19 di Indonesia 'Hanya' 200 Ribu, 'Kemungkinan Berlipat-lipat'

Baca Juga: Sah, Kemenkes RI Sebut Anies Tak Perlu Minta Izin Lakukan Kembali PSBB

Dalam kondisi demikian, ikan yang tercemar Covid-19 dari satu negara dapat dengan mudah diangkut ke negara lain dalam waktu satu minggu, sehingga menjadi salah satu sumber penularan internasional Covid-19," tulis peneliti dalam risetnya.