Find Us On Social Media :

Silang Pendapat Asal Muasal Virus Corona Semakin Heboh, Peneliti Dunia yang Independen Sepakat Akan Teliti Ulang

Li-Meng Yan, peneliti dari laboratorium Wuhan yang membocorkan asal muasal virus corona. Peneliti independen akan meneliti lebih lanjut.

GridHEALTH.id- Ahli virologi asal China, Dr. Li-Meng Yan, yang kabur dan bersembunyi di Amerika Serikat karena terancam keselamatannya, merilis sebuah bukti ilmiah tentang klaimnya bahwa virus corona kemungkinan berasal dari laboratorium di Wuhan, China.

Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan wawancara dengan berbagai media, Yan kerap mengatakan bahwa virus corona sebenarnya dibuat oleh manusia di laboratorium wuhan.

Yan bahkan membantah laporan yang selama ini menyebut virus corona pertama kali menyebar di pasar basah Wuhan, China.

“Hal pertama adalah pasar (daging) di Wuhan adalah pengalihan dan virus ini sebenarnya bukan dari alam, ini buatan manusia,” ujar Yan dalam wawancara di acara talk show Inggris ‘Loose Women’ pada Jumat (11/09/2020), dikutip dari Reuters (12/09/2020)

Dalam wawancara itu, Yan mengklaim punya bukti ilmiah yang bisa membuktikan Covid-19 adalah buatan manusia.

Saat ini, bukti tersebut telah diterbitkan dalam sebuah makalah ilmiah digital di website Zenodo dengan judul 'Unusual Features of the SARS-CoV-2 Genome Suggesting Sophisticated Laboratory Modification Rather Than Natural Evolution and Delineation of Its Probable Synthetic Route'.

Baca Juga: Rahasia Dibuka Orang Dalam, Laboratorium Wuhan Masih Menyimpan 1300 Virus Mematikan

Baca Juga: IDI Jakarta Pusat Lebih Setuju Ibu Kota di Lockdwon, Anies Pilih Kompromi dengan Berlakukan PSBB

Dalam makalah ilmiah yang rilis pada 14 September 2020 itu Yan menulis, Covid-19 dibuat dengan mudah di laboratorium Wuhan dalam waktu hanya enam bulan.