Find Us On Social Media :

Orang Berkacamata Lebih Sedikit Terinfeksi Virus Corona, Ini Alasannya

Mereka yang berkacamata menurun risikonya terpapar virus corona. Demikian studi di China.

 

GridHEALTH.id - Beberapa waktu lalu, mengutip dari GridHEALTH.id (05/04/2020),  ada seorang tenaga medis yang tertular virus corona akibat tak menggunakan kacamata pelindung (google glass).

Dokter Li Wenliang merupakan dokter spesialis mata Wuhan yang juga meninggal akibat infeksi Covid-19. Berdasarkan hal tersebut, ada asumsi bahwa virus corona dapat menular melalui infeksi mata, dan ternyata terbukti.

Banyak rumah sakit kini mengharuskan dokter, perawat dan pengunjung untuk memakai kacamata atau pelindung wajah bersama dengan masker untuk sepenuhnya melindungi mereka dari SARS-CoV-2.

Menurut dokter spesialis mata di Rumah Sakit Manhattan Eye, Ear and Throat, Dr. Prachi Dua, ia menyarankan kita untuk menghindari mengusap wajah atau mata, terutama di saat pandemi ini.

Terlebih bagi para pengguna lensa kontak, sebaiknya selama adanya wabah virus corona untuk menanggalkan lensa kontak dan beralih menggunakan kacamata.

Berdasarkan laporan sebuah penelitian dari China terhadap pasien Covid-19 di rumah sakit, kacamata ternyata mampu mencegah penularan infeksi Covid-19.

Baca Juga: Iritasi Mata Saat Kemarau, Jangan Sembarangan Pilih Kacamata Hitam

Baca Juga: Mantan Wamenlu Dino Patti Djalal Kena Covid-19, Kondisi Dikabarkan Menurun

 Hal itu terbukti, dengan hanya sekitar 6% dari 276 pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Suizhou Zengdu yang memakai kacamata setiap hari karena rabun jauh.