Find Us On Social Media :

Dilema Pemprov Jabar, Terlanjur Beli Jutaan Masker Scuba yang Penggunaannya Kini Dilarang, Begini Akhirnya

Gubernur Jabar Ridwan Kamil seusai menjalani penyuntikan sebagai relawan uji klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Jumat (28/8).

GridHEALTH.id - Kondisi dilema kini tengah dialami Pemerintah Provinsi Jawa Barat.Dimana sebelumnya Pemprov Jabar terlanjur memesan delapan juta masker yang 65 % atau sekitar 5,2 juta lembar adalah masker jenis Scuba.

Padahal seperti kita ketahui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah memperingatkan bahwa masker scuba kurang baik dalam menangkal virus corona.

Menanggapi situasi tersebut, Pemprov Jabar akhirnya melakukan konsultasi dan kajian dengan Balai Besar Tekstil (BBT) mengenai efektivitas masker scuba dan bahan lainnya dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Kita sedang bicara dengan Balai Besar Tekstil. Jadi sementara, syarat masker harus ada dua lapis, nah kita sedang berpikir seperti apa apakah kalau nantinya mau jadi dua lapis, ini masih belum diputuskan dan masih dikaji.

Yang jelas, kain itu menurut Balai Besar Tekstil, bukan berarti tidak bisa dipakai, bisa dipakai tapi ada syarat harus dua lapis," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Daud Achmad, Senin (21/9).

Daud mengatakan semua masker yang telah dibeli Pemprov Jabar dari UMKM adalah upaya menggenjot pemulihan perekonomian sekaligus mencegah penyebaran Covid-19, diupayakan tidak ada yang mubazir.

Baca Juga: Operasional Produksi Pabrik AQUA di Stop, Imbas Banjir Bandang Sukabumi,

Baca Juga: Penularan Virus Corona Melalui Bioaerosol, Lebih Cepat Menginfeksi dari yang Diperkirakan