Find Us On Social Media :

Merebus, Mengukus dan Mengetim, Tiga Metode Memasak Paling Sehat

Tim ikan malas, salah satu contoh menu yang ditim. Sehat tanpa kehilangan banyak sumber vitamin dan gizi.

GridHEALTH.id-  Merebus, mengukus, atau mengetim merupakan proses mengolah makanan yang sudah tidak asing, meski popularitasnya masih kalah dengan proses memasak lainnya.  Bandingkan dengan proses memasak menggoreng, menumis, memanggang. Betul, kan? Selain itu, orang yang terbiasa menyantap hidangan yang serba digoreng, ditumis, atau dipanggang, tentu akan kesulitan menikmati makanan yang prosesnya melalui merebus, mengukus, atau mengetim.

Sebab, rasanya jadi terkesan hambar. Bila makanan digoreng rasanya akan renyah, kemudian bila ditumis menjadi lezat, demikian juga bila dibakar ada sensasi hasil pembakaran yang memanjakan lidah. Meski begitu, mengukus, mengetim, atau merebus merupakan tiga metode memasak paling sehat,  lebih sehat ketimbang memggoreng dan proses memasak lainnya.

Selain itu, banyak sekali manfaatnya. Memasak dengan tiga teknik tersebut bisa membantu mencegah kelebihan kolesterol atau lemak jenuh dalam tubuh.

Kemudian, masakan akan matang merata tanpa harus kehilangan banyak kandungan nutrisinya. Selain itu juga dapat mempertahankan tekstur dan cita rasa makanan.

Baca Juga: Pangkas Kalori Hingga 75%, Air Fryer Jadi Alat Masak Paling Diburu Penyuka Gorengan

Baca Juga: 3 Bumbu Dapur yang Mudah Didapat Untuk Mengatasi Bau Darah Haid

Dikutip dari buku 'Masakan Serba Kukus, Tim, & Rebus' (PT Gramedia Pustaka Utama /2014), dijelaskan apa dimaksud dengan merebus, mengukus, dan mengetim.