Find Us On Social Media :

Bus Bisa Jadi Klaster Baru, Ini Bukti Penyebaran Covid-19 Terjadi di Dalam Bus Ber-AC

Penelitian baru membuktikan penyebaran Covid-19 bisa menular lewat bus ber-AC.

GridHEALTH.id -Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan potensi penyebaran Covid-19 lewat udara itu memang ada.

Penelitian baru membuktikan penyebaran penyakit Covid-19 akibat infeksi virus corona SARS-CoV-2 bisa menular lewat bus ber-AC.

Hasil penelitian dari Universitas Georgia ini memperkuat penelitian sebelumnya, yang menyebut virus ini bisa menular lewat udara di dalam ruang tertutup.

Hasil penelitian itu juga bisa dikaitkan dengan kasus pasien Covid-19 yang menularkan virus ke sesama penumpang bus melalui sistem pendingin udara bus.

Para peneliti telah lama menduga penyebaran Covid-19 bisa tertular lewat udara di ruang tertutup. Namun, dugaan tersebut belum didukung dengan bukti empiris.

"Studi kami memberikan bukti epidemiologi penularan dari jarak jauh, yang kemungkinan besar melalui udara," kata peneliti Universitas Georgia, Ye Shen, seperti dilansir Eurekalert.

Baca Juga: Google Maps Luncurkan Peta Terdampak Covid-19, Panduan Untuk Pengemudi

Baca Juga: Berhenti Mengonsumsi Gula, Dan Lihat Apa yang Terjadi Pada Tubuh

Dalam studi yang dipublikasikan baru-baru ini di JAMA Internal Medicine, peneliti menyelidiki infeksi setelah acara ibadah di provinsi Zhejiang.