Find Us On Social Media :

Tak Perlu Khawatir Perut Kembung Saat Haid, Terjadi Karena Perubahan Hormon

Perut kembung saat haid diakibatkan perubahan hormonal.

 

GridHEALTH.id - Perut kembung merupakan salah satu gejala yang sering dirasakan saat haid atau menstruasi.

Sekitar 85% wanita merasakan perut kembung saat haid. Menurut para ahli dari Mayo Clinicperubahan hormonal yang menyebabkan hal tersebut.

Kondisi ini dapat dirasakan sebelum atau di awal periode menstruasi. Perut kembung yang dirasakan saat haid dapat terjadi akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron.

Sekitar seminggu sebelum periode menstruasi dimulai, kadar hormon progesteron turun. Hal ini menyebabkan rahim melepaskan lapisannya yang menyebabkan perdarahan menstruasi.

Selain menyebabkan terjadinya perdarahan menstruasi, perubahan pada kadar hormon progesteron serta estrogen juga menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air dan garam. Sel-sel tubuh menjadi bengkak karena air, sehingga menimbulkan rasa kembung.

Siklus menstruasi rata-rata berlangsung selama 28 hari. Selama waktu tersebut, tingkat hormon naik dan turun sesuai kondisi tubuh.

Baca Juga: 4 Mitos Haid yang Perlu Ditinggalkan, Ini Alasannya Menurut Ahli

Baca Juga: Berantas Stunting; Saat Remaja Diet Sembarangan, Berpotensi Kelak Lahirkan Anak Stunting

Sebagai contoh, selama masa subur, kadar hormon meningkat. Tapi jika tidak dibuahi, hormon menurun dan mempersiapkan tubuh untuk siklus menstruasi berikutnya.

Penurunan hormon ini juga kadang-kadang memicu rasa sakit saat wanita sedang menstruasi.