Find Us On Social Media :

Studi WHO, Setengah Penderita Diabetes Tipe 2 Tak Menyadari Dirinya Terkena, Padahal 4 Hal Ini Bisa Jadi Penanda

Sering haus adalah salah satu gejala awal diabetes tipe 2.

GridHEALTH.id - Penyakit diabetes mellitus (DM) atau diabetes merupakan penyakit yang banyak diderita warga dunia. Menurut World Health Organization (WHO), pada 2017 diabetes berada di urutan kedua setelah jantung, penyebab kematian penyakit tidak menular.

WHO memprediksi, hampir setengah penderita diabetes tipe 2 tidak menyadari dirinya sudah terkena.

Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes melitus yang menyebabkan kadar gula darah tinggi akibat pola hidup yang tidak sehat. Penyakit ini disebut juga sebagai adult-onset diabetes karena biasanya menyerang orang dewasa atau lansia.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini bisa menyerang orang usia muda karena berbagai macam faktor yang meningkatkan risiko.

Pada diabetes tipe 1, tingginya kadar gula darah disebabkan oleh pankreas yang tidak dapat memproduksi hormon insulin secara optimal.

Sementara itu, diabetes tipe 2 biasanya terjadi karena sel-sel tubuh yang tak lagi peka terhadap insulin sehingga kesulitan mengubah glukosa menjadi energi.

Baca Juga: Tes Gula Darah 2 Jam Setelah Makan Lebih Rendah Dari Gula Darah Puasa? Mungkin Ini Sebabnya

Baca Juga: Obat Malaria Gagal Melindungi Presiden Amerika Serikat Donald Trump Terkena Virus Corona Padahal Sejak Awal Pandemi Rutin Minum Meski Diperingatkan WHO

Dengan kata lain, pada orang yang memiliki DM tipe 2, pankreas tetap memproduksi insulin, hanya saja tubuh tak lagi sensitif terhadap keberadaannya.