Find Us On Social Media :

Infeksi Ulang Covid -19 Pada Pasien yang Dinyatakan Sudah Sembuh Menjadi Perhatian Para Dokter di Amerika Serikat

Pasien yangmengalami infeksi ulang Covid-19 menjadi perhatian para dokter di Amerika Serikat.

GridHEALTH.id -  Kasus lain infeksi ulang Covid-19 setelah dinyatakan sembuh telah dilaporkan, kali ini di penyedia perawatan kesehatan militer muda yang sehat di rumah sakit Departemen Pertahanan AS di Virginia. Dia pertama kali terinfeksi oleh seorang pasien pada bulan Maret.

"Dia sembuh dalam 10 hari dan kembali ke kesehatan yang prima," dokternya melaporkan di Clinical Infectious Diseases.

Tetapi 51 hari kemudian, pria ini  tertular kembali oleh seorang anggota rumah tangga. Studi genetik menunjukkan infeksi pertama dan kedua berasal dari jenis virus yang sedikit berbeda.

Infeksi ulang membuatnya lebih sakit, mungkin karena jenis kedua lebih kuat, atau kontak rumah menularkannya dengan tingkat virus yang lebih tinggi, kata dokter.

Mungkin juga antibodi dari infeksi pertama mungkin telah memicu sistem kekebalannya untuk merespons lebih kuat terhadap virus saat tubuhnya bertemu kedua kali meski infeksi ulang Covid-19 masih jarang, kata mereka.

Kristian Anderson, profesor imunologi dan mikrobiologi di Scripps Research di La Jolla, California, mengatakan infeksi ulang virus termasuk infeksi ulang Covid-19 selalu memungkinkan.

Baca Juga: Sudah Sembuh, Pasien di Belgia dan Belanda Kambuh Lagi Covid-19

Baca Juga: 6 Cara Mudah Meredakan Nyeri Haid, Hemat Biaya dan Tanpa Repot

"Kami tidak tahu pada frekuensi apa infeksi ulang (dengan virus corona) terjadi dan bagaimana hal itu dapat berubah seiring waktu," kata Anderson.