Find Us On Social Media :

5 Fakta Diabetes yang Perlu Diketahui Agar Bisa Dikendalikan

Beragam fakta diabetes perlu diperhatikan agar tak menjadi gangguan kesehatan dan bisa dikelola.

GridHEALTH.id - Diabetes mellitus (DM), atau sering disebut diabetes, adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi.

Ada dua jenis penyakit diabetes mellitus, yakni DM tipe 1 yang disebabkan oleh kerusakan pada sel pankreas, serta DM tipe 2 akibat ketidakmampuan tubuh merespons hormon insulin. Sekitar 90% kasus diabetes di Indonesia merupakan diabetes tipe 2.

Berikut beragam fakta diabetes, seperti dirangkum dari beberapa sumber;

1. Diabetes Tipe 2 bisa dialami mereka yang bertubuh kurus/langsing

Banyak orang mengira bahwa dengan bertubuh langsing maka mereka pun akan terbebas dari diabetes tipe 2.

Nyatanya, sekitar 15% penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki berat badan berlebih. Hal ini dikarenakan mereka mungkin terlihat sehat di luaran, akan tetapi berbagai kebiasaan buruk yang mereka lakukan membuat keadaan di dalam tubuhnya sama seperti seseorang yang mengalami obesitas, yang tentu saja dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes tipe 2.

Baca Juga: Studi WHO, Setengah Penderita Diabetes Tipe 2 Tak Menyadari Dirinya Terkena, Padahal 4 Hal Ini Bisa Jadi Penanda

Baca Juga: Cat Dinding dengan Kandungan Super Ion Bisa Mencegah Virus Corona Menempel

2. Diet soda dapat memicu terjadinya diabetes tipe 2

Diet soda ternyata memiliki dampak negatif lainnya pada tubuh selain merusak gigi dan membuat tulang menjadui rapuh.

Penelitian yang dilakukan di Inggris pada 2018 menunjukkan, konsumsi pemanis buatan (terdapat di dalam diet soda) dapat menyebabkan terjadinya intoleransi glukosa, yang dapat berakhir pada terjadinya diabetes tipe 2.