Find Us On Social Media :

Sepi Pemberitaan, Vaksin Covid-19 Merah Putih Produksi Anak Bangsa Maju ke Tahap Berikutnya, Siap Diujicobakan Pada Hewan

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, tempat vaksin Covid-19 Merah Putih karya anak bangsa dikembangkan.

GridHEALTH.id - Kalah dengan berbagai pemberitaan vaksin Covid-19 asal Cina, diam-diam Lembaga Biologi Molekuler Eijkman mencatat kemajuan signifikan dalam produksi vaksin sejenis yang diproduksi di dalam negeri.

Lembaga ini mengatakan progres pengembangan Vaksin Merah Putih virus corona Covid-19 sudah mencapai 55% dari skala laboratorium.Eijkman akan mulai melakukan uji praklinik kandidat vaksin itu pada hewan pada November 2020 jika semua berjalan lancar."Sudah sekitar 55% dari skala laboratorium. Diharapkan akan segera melakukan uji praklinik atau uji pada hewan bulan depan (November) Awal tahun bisa diserahkan ke Bio Farma," kata Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof.Dr. Amin Soebandrio, PhD, SpMK (K) mengutip Antara, Rabu (14/10/2020).Amin berharap pada awal 2021, Eijkman dapat menyerahkan bibit vaksin Merah Putih tersebut kepada PT Bio Farma, yang akan memformulasikan bibit vaksin agar bisa disiapkan untuk uji klinis pada manusia.Eijkman mengembangkan vaksin dengan platform sub unit protein rekombinan. Antibodi yang dihasilkan setelah vaksinasi akan bekerja untuk mencegah terjadinya penempelan virus pada sel manusia, dan pelepasan materi genetik virus ke dalam sel manusia.

Baca Juga: Demi Manusia, 500 Ribu Ikan Hiu Akan Musnah Demi Kandungan Vaksin Virus Corona

Baca Juga: Nafsu Makan Meningkat Saat Haid, Ketidakseimbangan Hormon Jadi PenyebabEijkman menggunakan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 yang bersirkulasi di Indonesia sebagai dasar informasi genetik untuk pengembangan vaksin Merah Putih itu.