Find Us On Social Media :

Gangguan Kulit Sering Muncul Pada Penyandang Diabetes, Ternyata Ini Sebabnya

Penyandang diabetes lebih rentan terkena infeksi dan gangguan kulit terutama saat udara panas.

GridHEALTH.id - Selain kadar gula darah yang naik turun, penyandang diabetes juga sering mengeluh munculnya gangguan kulit.

Contohnya,  tak jarang para penderita diabetes memiliki luka di kulit yang kemudian sulit untuk disembuhkan.

Pertanyaan yang sering timbul, mengapa diabetes bisa melemahkan kesehatan kulit? Dilansir dari Indian Times, seorang dermatologis dan ahli bedah laser, Dr Apratim Goel mengatakan bahwa memang benar penyandang diabetes lebih rentan terkena infeksi dan gangguan kulit terutama saat udara panas.

"Hal ini terjadi karena kadar gula darah yang tinggi merupakan kondisi yang menguntungkan bagi jamur untuk bertumbuh sehingga akan meningkatkan risiko gangguan kulit lainnya seperti infeksi jamur dan bakteri," terangnya.

Baca Juga: Saat Haid Dilarang Menggaruk Kulit Karena Bakal Stretch Mark, Ini Penjelasan Ahli

Baca Juga: Sepi Pemberitaan, Vaksin Covid-19 Merah Putih Produksi Anak Bangsa Maju ke Tahap Berikutnya, Siap Diujicobakan Pada Hewan

Selain itu, seorang konsultan diabetologist Dr Pradeep Gadge juga menjelaskan bahwa glukosa darah yang tidak terkontrol akan mempengaruhi kelenjar sebaceous atau kelenjar keringat yang menyebabkan gatal-gatal di kaki dan kemudian berkaitan dengan infeksi jamur.