Find Us On Social Media :

5 Tips Sehat Agar Gula Darah Terkendali Bagi Ibu Hamil Dengan Diabetes

Ibu hamil dengan diabetes perlu menjaga pola makan dan rutin memeriksa kadar gula darah demi kesehatan dirinya dan janin.

GridHEALTH.id - Ibu hamil dengan diabetes atau diabetes gestasional adalah kondisi kadar gula darah tinggi yang terjadi pada saat kehamilan dan umumnya kembali normal setelah melahirkan.

Penyakit ini dapat terjadi pada semua trimester, namun lebih sering terjadi pada trimester-2. Hal ini terjadi jika tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin (hormon yang mengontrol kadar gula darah) pada saat kehamilan.

Diabetes gestasional dapat menyebabkan masalah untuk ibu dan bayinya saat kehamilan dan setelah melahirkan, tetapi risiko ini dapat dikurangi jika terdeteksi dan diatasi dengan baik.

Diabetes gestasional biasanya tidak menimbulkan gejala. Gejala yang dirasakan tidak berat, antara lain kelelahan, pandangan buram, rasa haus berlebihan, sering kencing, dan tidur mendengkur.

Penyebabnya tidak diketahui, namun hormon tampaknya mempunyai peran. Ketika hamil, tubuh memproduksi sejumlah besar hormon termasuk   Human placental lactogen (hPL) dan hormon yang menyebabkan resistensi insulin.

Hormon ini berpengaruh pada plasenta dan membantu mempertahankan kehamilan. Seiring berjalannya waktu, jumlah dari hormon ini meningkat dalam tubuh dan menyebabkan resistensi insulin.

Baca Juga: Penyandang Diabetes Berpotensi Tularkan Penyakitnya pada Pasangan

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebabnya Mengapa Pasien Covid-19 Sulit Mencium Aroma

Insulin memasukkan glukosa dari darah ke sel, yang akan digunakan untuk energi. Pada kehamilan, tubuh secara alami menjadi sedikit resisten terhadap insulin sehingga terdapat banyak glukosa di pembuluh darah yang diberikan pada bayi.