Find Us On Social Media :

Terapi Insulin Untuk Penyandang Diabetes Bisa Munculkan Efek Samping

Bagi penyandang diabetes, menggunakan terapi insulin memerlukan resep dokter untuk menentukan jenis insulin yang tepat serta adanya kemungkinan efek samping .

GridHEALTH.id - Insulin merupakan hormon yang membantu mengatur jumlah gula dalam darah atau glukosa.

Untuk mengatur keseimbangan glukosa darah, insulin bekerjasama dengan glukagon alias hormon yang bekerja dengan cara yang berlawanan.

Tubuh menggunakan insulin dan glukagon untuk memastikan bahwa kadar gula darah tidak menjadi terlalu tinggi atau rendah sehingga sel menerima cukup glukosa untuk digunakan sebagai energi.

Ketika gula darah terlalu rendah, pankreas mengeluarkan glukagon yang menyebabkan hati melepaskan glukosa ke dalam aliran darah.

Namun, tubuh penyandang diabetes tidak bisa menghasilkan insulin atau insulin yang dimiliki tidak bisa bekerja efektif untuk membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Makanya terapi insulin sering menjadi salah satu metode pengobatan untuk mengatasi diabetes.

Sayangnya, terapi insulin bisa mengakibatkan berbagai efek samping seperti kenaikan berat badan muncul ruam, benjolan, atau pembengkakan di tempat suntikan kecemasan atau depresi batuk saat menggunakan insulin inhalasi.

Baca Juga: Terapi Insulin Mutlak Bagi Penderita Penyakit Autoimun Diabetes Tipe 1, Ini Alasannya

Baca Juga: Himpitan Ekonomi Melanda, Amerika Serikat Menjadi Pengekspor Plasma Darah Teratas di Dunia

Suntikan insulin juga bisa menyebabkan sel-sel tubuh menyerap lebih banyak glukosa dalam darahatau dikenal dengan istilah hipoglikemia. Hal ini bisa menyebabkan gula darah turun secara berlebihan.