Find Us On Social Media :

8 Cara Membedakan Tanda Awal Kehamilan dan Haid yang Terlambat

Bila haid belum juga datang, kemungkinan tanda awal kehamilan atau hanya sekadar terlambat datang bulan? Sebab dua hal ini memiliki kemiripan.

GridHEALTH.id - Bagi para wanita yang sedang menantikan buah hati, saat melirik kalender dan merasa siklus haid belum juga datang, rasanya harap-harap cemas.

Kemungkinan tanda awal kehamilan atau hanya sekadar terlambat datang bulan? Sebab dua hal ini memiliki kemiripan.

Meski perbedaan gejala dapat bervariasi pada setiap wanita, tentu jadi hal berguna bila kita tahu cara membedakan gejala haid yang terlambat dan tanda awal sudah positif hamil.Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari nova.id:1. Nyeri payudara yang berlangsung lama adalah tanda kehamilan umumPayudara yang membengkak dan terasa nyeri juga menjadi tanda premenstrual syndrome (PMS). Terutama jika jaringan payudara terasa padat di sisi luar.

Kita juga  mungkin mengalami sensasi payudara yang terasa penuh, sesak, disertai oleh rasa nyeri dan berat.Keluhan juga hanya muncul tepat sebelum menstruasi dan berhenti di hari pertama menstruasi atau selama periode haid.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Endometriosis, 'Musuh' Perempuan saat Haid

Baca Juga: Wanita Positif Covid-19 Boleh Tetap Minum Pil KB? Ini Kata Dokter

Namun, jika kehamilan terjadi maka payudara akan terasa sakit agak lama, sensitif, atau lunak saat disentuh. Kedua payudara juga mungkin terasa lebih padat dan lebih berat.