Find Us On Social Media :

Terbukti Secara Ilmiah, Ini 3 Cara Mengurangi Risiko Kesehatan Pada Perokok

Cara berhenti merokok yang terbukti lewat penelitian.

GridHEALTH.id - Berhenti merokok memang merupakan hal yang tidak mudah. Terlebih merokok sudah dianggap wajar di kalangan masyarakat, bahkan rokok telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup.

Alhasil kondisi ini justru menyebabkan jumlah perokok semakin meningkat tiap tahunnya.

Bahkan, Indonesia memiliki jumlah penjualan rokok tertinggi kedua di dunia setelah China. Setiap tahunnya, terhitung ada 316 juta batang rokok yang terjual di dalam negeri.

Walaupun sudah banyak kampanye dan regulasi yang bertujuan untuk mengurangi frekuensi rokok, nyatanya kebiasaan ini sulit dihilangkan karena adanya zat adiktif dalam rokok yang dapat membuat kecanduan.

Indonesia dinobatkan menjadi negara dengan jumlah perokok terbanyak di Asia Tenggara, yaitu 65 juta orang. Di antara angka tersebut, 66% diantaranya adalah laki-laki.

Di saat yang sama, kanker paru terus menjadi ancaman terbesar sebagai kanker pembunuh pria dewasa nomor satu di Indonesia, dengan lebih dari 26 ribu pasien yang meninggal setiap tahunnya.

Ini menunjukkan bahwa permasalahan rokok tidak dapat dipandang sebelah mata, pasalnya hampir semua kasus kanker paru disebabkan oleh kebiasaan merokok atau menjadi perokok pasif dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Puluhan Warga Korea Selatan Meninggal, Pemerintah Singapura Hentikan Penggunaan Vaksin Ini

Baca Juga: Tembus Pedalaman Papua, Pasukan Elit TNI Hadapi Penyakit Mematikan