Find Us On Social Media :

Bolehkah Makan Bawang Putih Jika Menyandang Penyakit Diabetes?

Konsumsi bawang putih juga dapat mengurangi kejadian penyakit jantung, suatu kondisi yang memengaruhi sekitar 80% penderita diabetes.

GridHEALTH.id - Penyandang diabetes tidak dapat menghasilkan cukup insulin atau menggunakan insulin yang diproduksi tubuh mereka secara efisien.

Ini dapat memengaruhi kadar gula darah sehingga penting untuk memerhatikan apa yang dimakan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memeriksa skor indeks glikemik (GI) masing-masing makanan.

GI menunjukkan seberapa banyak makanan tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah. GI membantu perencanaan makan sehari-hari dan menghindari kombinasi karbohidrat tinggi. GI rendah antara 1 dan 55 dan tinggi 70 ke atas.

Penting untuk diketahui bahwa makanan alami, seperti bawang putih, meski tidak kaya karbohidrat, dapat memengaruhi kadar gula darah.

Lalu, apa manfaat makan bawang putih jika menderita diabetes? Kebanyakan orang dewasa dapat mengonsumsi bawang putih dengan aman. Tetapi bagi sebagian orang, rasa, bau, atau kepedasan bisa menjadi masalah.

Baca Juga: 3 Bumbu Dapur yang Mudah Didapat Untuk Mengatasi Bau Darah Haid

Baca Juga: Obat Darah Tinggi Dengan Teknologi OROS Membantu Pasien Stabil Tekanan Darahnya Sepanjang Hari

Secara tradisional, bawang putih telah direkomendasikan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.