Find Us On Social Media :

Ditemukan, Sel Punca Penghasil Insulin yang Dapat Mengobati Diabetes Tipe 1

Pada diabetes tipe 1, tubuh menghidupkan dirinya sendiri dan menyerang apa yang disebut sel beta di dalam kelompok di pankreas yang disebut "islet".

GridHEALTH.id - Sebuah teknik baru yang menumbuhkan sel penghasil insulin dan dapat melindunginya dari serangan kekebalan setelah mereka ditransplantasikan dapat menawarkan harapan baru untuk mengobati beberapa orang dengan diabetes.

Pada diabetes tipe 1, tubuh menghidupkan dirinya sendiri dan menyerang apa yang disebut sel beta di dalam kelompok di pankreas yang disebut "islet".

Sel beta ini bertanggung jawab untuk mengukur kadar gula dalam darah dan melepaskan insulin agar tetap stabil.

Tanpa mereka, penderita diabetes harus mengandalkan suntikan atau pompa insulin. Salah satu pengobatan yang dirancang untuk mengakhiri ketergantungan itu melibatkan transplantasi pulau donor ke penderita diabetes, tetapi prosesnya dipersulit oleh beberapa kendala, termasuk kekurangan donor.

Beberapa islet kecil juga sering gagal untuk terhubung dengan suplai darah, dan bahkan ketika mereka melakukannya, seperti transplantasi lainnya, mereka dapat diserang oleh sistem kekebalan penerima, yang memandang sel sebagai penyerang.

Akibatnya, pasien harus minum obat yang menekan sistem kekebalan mereka, melindungi transplantasi mereka (apabila melakukan transplantasi), tetapi berpotensi membuat seluruh tubuh mereka terkena penyakit.

Baca Juga: Terapi Insulin Untuk Penyandang Diabetes Bisa Munculkan Efek Samping

Baca Juga: Update Covid-19, Vaksin Covid-19 Moderna Buatan AS Tunjukkan Perlindungan Nyaris 95 %

Dalam upaya untuk mengatasi beberapa tantangan ini, sebuah tim mencari untuk menemukan sumber lain untuk islet dengan membujuk sel induk berpotensi majemuk terinduksi (iPS/induced oluripotent stem cells) untuk menghasilkan apa yang disebut tim HILOs, atau organoid islet mirip manusia.