Find Us On Social Media :

Betulkah Konsumsi Pil KB Membuat Gemuk? Pil yang Mengandung Drospirenon Malah Membuat Tetap Langsing Bahkan Turun Berat Badan

Perempuan pengguna Pil KB yang mengandung Drospirenon tetap langsing dan malah mengalami penurunan berat badan.

GridHEALTH.id - Meski pil KB dinilai alat kontrasepsi yang praktis buat perempuan milenial, masih banyak yang ragu karena mendengar bahwa  penggunaan pil KB bisa membuat gemuk.

Anggapan pil KB membuat gemuk ternyata dipatahkan oleh berbagai temuan dan studi yang dilakukan banyak pihak.

Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh pakar Obstetri dan Ginekologi Ingela Lindh dari University of Gothenburg, Swedia.

Studi yang dipublikasikan di Science Daily ini menemukan bahwa penggunaan pil kontrasepsi jenis kombinasi tidak akan menyumbang lemak tambahan ke tubuh.

Seperti diketahui, pil kontrasepsi sendiri tersedia dalam dua jenis, yakni pil kombinasi (mengandung progestin dan estrogen) dan pil mini (hanya progestin).

Dalam penelitiannya, Lindh mengamati pola hidup 1.749 wanita yang berhubungan dengan penggunaan kontrasepsi, kehamilan, berat badan, hingga kebiasaan merokok selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Cara Kerja Pil Kontrasepsi Darurat, Efektif Bila Ovulasi Belum Terjadi

Baca Juga: Saus tomat Yang Rasanya Masam Membantu Seorang Turis Menyadari Bahwa Dirinya Terinfeksi Covid-19

Hasilnya, wanita yang menggunakan pil kontrasepsi kombinasi dan melakukan kontrol teratur secara rutin, tidak mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang tidak minum pil KB.