Find Us On Social Media :

Sel Yang Mendorong Munculnya Diabetes Terlihat pada Orang Sehat

Sel T ganas pada pankreas penyebab diabetes ternyata juga ditemukan pada orang-orang yang sehat pankreasnya.

GridHEALTH.id - Para ilmuwan mengetahui bahwa sel- T yang berbahaya hidup di pankreas penyandang diabetes tipe 1, tetapi sebuah studi baru menunjukkan bahwa sel-T juga tinggal di pankreas orang yang sehat.

Peneliti dari La Jolla Institute for Immunology di California menggunakan teknik pewarnaan baru untuk menunjukkan di mana sel-sel ini berkumpul dalam sampel jaringan manusia.

Mereka terkejut bahwa bahkan jaringan dari orang sehat menunjukkan jumlah sel-sel ini yang tinggi di pankreas.

Apa bedanya? Meskipun orang sehat memiliki sel sistem kekebalan ini, penyandang diabetes tipe 1 memiliki sel-T yang dekat atau menyusup ke dalam kelompok sel di dalam pankreas.

Sel beta yang hidup dalam kelompok ini membuat insulin untuk mengatur gula darah, tetapi pada penyandang diabetes tipe 1, sel-T membunuh sel beta tersebut.

"Sel-T ini seperti predator," kata penulis studi senior Dr. Matthias von Herrath, dari La Jolla Institute. "Dan kami selalu berpikir bahwa sel beta akan mati jika pemangsa ada di sana. Tapi ternyata sel-T sudah ada di sana. Mereka sepertinya menunggu sinyal untuk menyerang."

Baca Juga: Diabulimia Pada Penyandang Diabetes, Gangguan Makan Akibat Depresi dan Penyalahgunaan Insulin

Baca Juga: Memilih Kontrasepsi yang Tepat di Saat Masih Pandemi Virus Corona

Meskipun penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang sehat memiliki sel-T ini dalam aliran darah mereka, tidak diketahui kapan dan bagaimana mereka akan melakukan perjalanan ke pankreas, menurut para peneliti.