Find Us On Social Media :

Studi : Depresi dan Kecemasan Lebih Rentan Dialami Mereka yang Kurang Bugar

Kurang bugar disebabkan malas bergerak bisa menyebabkan gangguan fisik dan mental.

GridHEALTH.id – Orang yang gemar berolahraga akan mempunyai kesehatan dan daya tahan tubuh yang lebih baik. Penelitian terbaru juga menyebut bahwa hal ini ternyata juga berhubungan dengan kesehatan mental seseorang.

Dilansir dari Medical Xpress, diketahui bahwa seseorang dengan kebugaran otot dan aerobik yang tinggi tak mudah depresi. Sebaliknya mereka yang masuk kategori rendah, atau kurang bugar cenderung dua kali lipat mengalami depresi. 

Kebugaran yang rendah juga meningkatkan peluang kecemasan hingga 60%. Hal ini diungkapkan peneliti berdasar publikasi pada BMC Medicine. 

"Di sini kami memberi bukti mengenai hubungan antara kesehatan fisik dan mental, serta olahraga terstruktur yang meningkatkan berbagai jenis berbeda kebugaran tidak hanya baik bagi kesehatan fisik, namun juga bagi kesehatan mental," terang peneliti Aaron Kondola, kandidat doktor dari University College London (UCL). 

Penelitian ini melibatkan 152.978 partisipan berusia 40 hingga 69. Dilakukan percobaan untuk mengukur daya tahan serta kebugaran otot serta diiringi dengan kuisioner yang dilakukan untuk mengetahui gejala depresi dan kecemasan.

Berselang tujuh tahun, kembali dilakukan tes terkait gejala depresi dan kecemasan. Dari penelitian ini diketahui bahwa kebugaran otot serta aerobik yang tinggi pada awal penelitian berhubungan dengan kesehatan mental yang lebih baik. 

Baca Juga: Kurang Tidur Bisa Berdampak Serius Pada Kesehatan, Ini Cara Agar Tubuh Kembali Bugar

Baca Juga: 2 Scrub Berbahan Dasar Buah Buatan Sendiri Untuk Muluskan Kaki

Baca Juga: Bayi Baru Lahir Tak Perlu Buru-buru Dimandikan, Ini Alasannya

Seseorang dengan kebugaran otot dan aerobik lebih rendah memiliki risiko depresi 98% lebih tinggi.