Find Us On Social Media :

Kurang Tidur Bisa Berdampak Serius Pada Kesehatan, Ini Cara Agar Tubuh Kembali Bugar

Salah satu cara mengembalikan kebugaran tubuh setelah kurang tidur adalah dengan berolahraga rutin.

GridHEALTH.id - Tidur memiliki peran penting bagi tubuh. Pada saat tidur, tubuh akan memperbaiki diri, baik kondisi fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun pagi, serta siap menjalani aktivitas sepanjang hari.

Selain itu, tidur juga ikut membantu proses tumbuh kembang, terutama pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Sebaliknya, kurang tidur bisa membuat tubuh terasa sangat lemas. Aktivitas pun jadi kurang maksimal. Hanya saja memang kadang kita sulit mendapatkan jam tidur yang cukup dikarenakan kesibukan atau aktivitas yang padat. Lalu apa yang harus dilakukan agar tubuh terasa lebih segar dan bugar?

Setelah kurang tidur, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Supaya kondisi tubuh tidak makin menurun, kita perlu memperbaiki beberapa hal untuk mengembalikan kondisi tubuh. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba, dikutip dari viva.co.id

1. Tidur dalam kamar gelap

Usahakan untuk memadamkan semua lampu di kamar tidur. Tidur di ruangan gelap, produksi hormon melatonin dalam tubuh akan lebih maksimal. Sehingga kita bisa mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas. Ketika bangun pun tubuh bisa lebih segar.

Baca Juga: Studi: Wanita Membutuhkan Waktu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

2. Hindari makan berat menjelang waktu tidur

Setidaknya dua jam sebelum tidur, hindari mengonsumsi makanan berat. Selain itu, hindari minum kopi atau minuman berenergi enam jam menjelang tidur. Sebagai gantinya, air putih bisa lebih menyehatkan.

Maksimalkan tubuh untuk mengistirahatkan diri saat tidur. Jangan membebaninya dengan membuat sistem pencernaan harus bekerja keras dengan makanan yang kita konsumsi.