Find Us On Social Media :

Makanan Penambah Darah, Bisa Dikonsumsi Setelah Haid Selesai

Darah haid bisa menunjukkan adanya kista atau endometriosis. Yang pasti wanita harusnyaminum pil penambah daras setelah haid berhenti.

GridHEALTH.id - Datang bulan atau biasa disebut menstruasi merupakan hal yang biasa dialami setiap wanita. Darah yang keluar biasanya kurang lebih 50 cc sehingga memungkinkan perempuan merasa lemas dan tidak bertenaga.

 Bersamaan dengan darah haid yang keluar, zat besi dalam tubuh juga terbuang. Padahal, zat besi adalah zat pembentuk hemoglobin (Hb), yaitu salah satu komponen penyusun sel darah merah.

Jika pembentukan sel darah terganggu, kadar hemoglobin akan menurun dan akan menyebabkan anemia. Biasanya, kadar Hb berada di bawah 12 mg/dl.

Kita perlu mengganti zat besi karena darah yang terbuang haid. Akibat mengatasi kehilangan zat besi, kita perlu mengosumsi makanan yang kaya akan sumber zat tersebut.

Contoh makanan yang mengandung zat besi adalah sayuran berwarna hijau seperti bayam dan kangkung, juga hati ayam, hati sapi, kacang merah, kacang hijau, dan telur.

Hindari menyantap makanan tersebut bersamaan teh ataupun soft drink. Minuman tersebut dapat menghambat penyerapan zat besi yang ada.

Baca Juga: Darah Haid Sedikit Juga Menandakan Adanya Gangguan Kesehatan

Baca Juga: Menjadi Teman Opor dan Sambal Goreng Hati, Lontong Juga Menjadi Favorit Selain Ketupat, Begini Cara Buat yang Praktis

Gejala kurang darah saat haid adalah sebagai berikut. Akan muncul rasa sakit pada hari pertama datang bulan. Sakitnya akan berkurang bila perdarahan mulai yaitu satu sampai 2 hari datang bulan.