Find Us On Social Media :

Manfaat Sayuran Untuk Penyandang Diabetes, Bisa Turunkan Gula Darah

Serat di dalam sayuran dapat menurunkan kadar gula darah pada penyandang diabetes.

GridHEALTH.id - Sayuran merupakan serat atau fiber adalah sekaligus karbohidrat kompleks. Biasanya sayuran dikelompokkan dalam polisakarida yang bukan pati (non-strach polysaccharide).

Banyak orang tidak suka sayuran, termasuk penyandang diabetes yang justru harus banyak makan serat.

Serat di dalam saturan terdiri dari selulosa, hemiselulosa, pektin, getah, dan lignin, bahan-bahan ampuh yang membuat kita cepat kenyang.

Apalagi karena jumlahnya banyak, cepat mengembang, dan memenuhi saluran cerna (bulking effect). Namun kalori dan tenaga yang dihasilkan sedikit sehingga  hanya sedikit menaikkan gula darah.

Ada serat yang cepat larut dalam air (soluble fiber), seperti semua jenis sayuran, apel, stroberi, gandum, bekatul, jewawut atau jelai, dedak, dan beras merah.

Serat jenis ini bisa mengikat lemak/kolesterol, lalu membuangnya keluar tubuh. Makanan kaya serat membuat perut kenyang, sementara pengosongan lambung di perut relatif lambat sehingga gula darah lambat naik.

Baca Juga: Makan Apel Sebaiknya Sama Kulitnya, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Baca Juga: 5 Gadget Pengantar Tidur Nyenyak, Dari Gelang Hingga Kursi Goyang

Baca Juga: 6 Penyebab Bau Mulut, Wow, Salah Satunya Ternyata Berasal Dari Pikiran!

Serat yang sukar larut (insolube fiber) misalnya gandum, sereal, jagung, buah, dan sayuran lain, terutama sayuran dari akar (roots vegetable) atau umbi-umbian.