Find Us On Social Media :

Lebih Dari 80 Persen Orang Muda Tidak Menunjukkan Gejala Covid-19

Banyak pasien muda dan remaja tidak menunjukkan gejala Covid-19.

GridHEALTH.id - Sebuah studi pendahuluan menunjukkan bahwa lebih dari 80% orang berusia 20 ke bawah tidak menunjukkan gejala Covid-19. Ini mungkin memiliki implikasi penting untuk penularan virus.

Para ahli dari Bruno Kessler Foundation di Trento, Italia, bekerja sama dengan rekan-rekan yang berafiliasi dengan ATS Lombardy Covid-19 Task Force dan berbagai lembaga penelitian, melakukan studi untuk menilai persentase orang yang telah terjangkit virus corona kemungkinan besar mengalaminya, tapi tanpa gejala apapun.

Studi pendahuluan ini belum muncul di jurnal peer-review, tetapi penulisnya telah membuat temuan mereka tersedia secara online, di platform pracetak arXiv.

Tingkat kemungkinan pembawa virus corona tanpa gejala dapat memiliki implikasi penting untuk penularan virus, penulis penelitian menunjukkan.

“Pekerjaan ini memungkinkan kami untuk menunjukkan dengan jelas kesulitan dalam mengidentifikasi infeksi dengan pengawasan karena sebagian besar tidak terkait dengan gejala pernapasan atau demam,” kata rekan penulis studi Stefano Merler, yang mengkhususkan diri dalam pemodelan matematis dari penularan penyakit menular.

Para peneliti menganalisis data pada 5.484 orang dari wilayah Lombardy di Italia yang telah melakukan kontak dengan orang dengan infeksi virus corona. Dari jumlah tersebut, 2.824 orang memiliki infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi di laboratorium.

Baca Juga: Studi : Sistem Kekebalan Merespons Lebih Kuat Pada Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Bersin, Dari Membersihkan Hidung Hingga Pertanda Orgasme

Baca Juga: 6 Efek Buruk Gula yang Jadi Alasan Mengapa Perlu Dikurangi Konsumsinya

Melihat data tersebut, para peneliti menemukan bahwa, dari 2.824 orang dengan infeksi Covid-19 yang diketahui, hanya 876 (31%) yang menunjukkan gejala apa pun.