Find Us On Social Media :

Ciri Vaksin yang Berkualitas dan Ideal Menurut Satgas Covid-19, Ini Kriterianya

Kenali kriteria vaksin Covid-19 berkualitas.

GridHEALTH.id - Setidaknya ada enam kandidat vaksin Covid-19 yang akan digunakan pemerintah Indonesia dalam program vaksinasi virus corona (Covid-19).

Diketahui vaksinasi sendiri adalah pemberian vaksin dengan cara disuntik atau diteteskan pada mulut guna memicu produksi antibodi untuk memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit infeksi.

Sementara vaksin merupakan produk biologi yang berasal dari virus, bakteri atau dari kombinasi antara keduanya yang dilemahkan.

Menurut NHS vaksin diberikan kepada individu yang sehat guna merangsang munculnya antibodi atau kekebalan tubuh guna mencegah dari infeksi penyakit tertentu seperti Covid-19.

Adapun keenam vaksin Covid-19 yang didatangkan pemerintah diantaranya vaksin dari PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer/BioNTech, dan Sinovac.

Sementara itu, untuk skema pemeberian vaksin Covid-19 tersebut ada vaksin mandiri dan ada juga vaksin berbayar.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan bahwa pemerintah menjamin keamanan vaksin yang nantinya diberikan kepada masyarakat di Indonesia.

Ia juga kemudian memaparkan kriteria ideal vaksin berkualitas yang bisa dijadikan referensi masyarakat dalam milih vaksin.

Baca Juga: Tawarkan Pendaftaran Vaksinasi Covid-19, RS Kena Sentil Satgas: 'Tunggu Arahan Pemerintah'

Baca Juga: Ini Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Berhenti Konsumsi Gula