Find Us On Social Media :

Waspadai Diare Diabetikum, Penyandang Diabetes Rawan Adanya Pertumbuhan Bakteri di Usus

Diare pada pasien diabetes terjadi karena adanya bakteri pada sistem pencernaan.

GridHEALTH.id - Ada beberapa penyebab mengapa diare diabetes (diare diabetikum) ini sering timbul.

Penyebabnya antara lain karena adanya pertumbuhan bakteri di usus, gangguan pada pankreas yang sering terjadi pada diabetes yang mengakibatkan terjadinya penyerapan nutrien yang buruk sehingga berakibat satu kondisi yang disebut sebagai neuropati diabetik.

Penyebab lainnya dari diare kronis pada penderita diabetes adalah bisa infeksi virus atau bakterial dan kondisi medis tertentu.

Dikutip dari tulisan dr. Indro Hariyanto, SpPD  yang berjudul “Diare Pada Penderita Diabetes” di laman RS. Husada Utama, Surabaya, gejala yang terjadi dari diare diabetikum :

- Diare akan terjadi terutama pada malam hari

- Keluhan sering muncul atau dirasakan dengan diselingi oleh periode obstipasi (sukar buang air besar) dimana penderita biasanya tidak mampu untuk mengontrol kondisi tersebut.

Pada pasien dengan riwayat diabetes dengan berlalunya waktu sering terjadi pada kerusakan saraf di seluruh tubuh yang dikenal sebagai neuropati diabetik.

Baca Juga: Masih Jadi Pertanyaan Awam, Apa Sebenarnya Penyebab Diabetes?

Baca Juga: Studi : Manfaat Bangun Pagi Mengurangi Keinginan Makan Berlebih

Baca Juga: 5 Kebiasaan Pagi Hari Bagi Penyandang Diabetes Agar Kadar Gula Darah Terkontrol

Kondisi ini akan mengakibatkan terjadinya mati rasa dan kadang kala terasa lemah dan nyeri di daerah lengan, kaki dan tangan. Neuropati ini juga bisa terjadi di bagian lain termasuk di traktus gastrointestinal.