Find Us On Social Media :

Kapan Waktu Aman Bisa Berdekatan dengan Pasien Covid-19 yang Sembuh? Ini Syaratnya

Mengetahui kapan waktu yang aman berada di dekat seseorang sembuh dari Covid-19 sangat bergantung dari gejalanya.

GridHEALTH.id – Banyaknya angka kesembuhan pasien Covid-19 perlu diapresiasi meskipun kita juga berduka bagi mereka yang wafat karena penyakit ini.

Pasien yang sembuh (dinyatakan negatif setelah tiga kali tes), tentunya akan pulang ke rumah atau selesai mengisolasi, dan kembali berbaur dengan keluarga atau masyarakat.

Lantas, apakah kita akan aman langsung berkumpul atau berinteraksi dengan mereka yang sudah sembuh?

Dilansir dari Health, tergantung pada tingkat keparahan, diperlukan setidaknya dua minggu untuk pulih sepenuhnya (untuk kasus ringan).

Sedangkan perlu lebih dari enam minggu untuk sepenuhnya pulih (untuk kasus yang lebih serius) bagi yang menjalani rawat inap.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, mengetahui kapan waktu yang aman berada di dekat seseorang sembuh dari Covid-19 sangat tergantung pada gejala-gejalanya.

Baca Juga: Masuk Dalam Kelompok Rentan, Penyandang Diabetes Wajib Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19, Begini Cara Mendapatkannya

Baca Juga: Nilai Efikasi Vaksin Covid-19 Sinovac Biotech 65%, Apa Artinya?

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Dr. Zubairi Djoerban, Sp. PD-KHOM dalam tweet-nya (@ProfesorZubairi) pada 08 Januari 2021 mengatakan untuk mengetahui kapan waktu aman berada di dekat orang yang baru pulih dari Covid-19 tetap harus mengacu kepada evidence based agar tak sembarangan.