Find Us On Social Media :

Masuk Dalam Kelompok Rentan, Penyandang Diabetes Wajib Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19, Begini Cara Mendapatkannya

Meditasi meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi tekanan darah dan bahkan mempertajam pikiran, menurut penelitian.

GridHEALTH.id - Imunitas adalah kemampuan individu untuk melawan infeksi, penyakit, atau invasi biologis yang tidak diinginkan.

Penyandang diabetes lebih rentan terkena infeksi, karena kadar gula darah yang tinggi dapat melemahkan pertahanan sistem kekebalan pasien.

Selain itu, beberapa masalah kesehatan terkait diabetes, seperti kerusakan saraf dan berkurangnya aliran darah ke pembuluh saraf, meningkatkan kerentanan tubuh terhadap infeksi.

Sebagian besar penelitian menunjukkan penurunan fungsi (kemotaksis, fagositosis, pembunuhan) sel polimorfonuklear diabetes dan monosit / makrofag diabetes dibandingkan dengan sel kontrol. Secara umum, regulasi DM yang lebih baik mengarah pada peningkatan fungsi seluler ini.

Selain itu, beberapa mikroorganisme menjadi lebih mematikan dalam lingkungan glukosa tinggi.

Mekanisme lain yang dapat menyebabkan peningkatan prevalensi infeksi pada pasien diabetes adalah peningkatan kepatuhan mikroorganisme terhadap sel diabetes dibandingkan dengan sel nondiabetes.Contohnya, jamur Candida albicans.

Baca Juga: Menjaga Jarak Sosial, Benarkah Melemahkan Sistem Kekebalan? Cek Faktanya

Baca Juga: 5 Alasan BPOM Akhirnya Keluarkan Izin Penggunaan Dalam Kondisi Darurat Pada Vaksin Covid-19 Sinovac

Infeksi yang paling umum pada pasien diabetes melibatkan kulit dan saluran kemih. Hiperglikemia kronis memperlambat perfusi melalui pembuluh darah, menyebabkan kerusakan saraf seiring berjalannya waktu.