Find Us On Social Media :

Akhirnya, Tim WHO Berhasil Mengunjungi Rumah Sakit di Wuhan yang Menangani Kasus Pertama Covid-19

Anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang bertugas menyelidiki asal muasal Covid-19 berjalan kaki di sebuah hotel di Wuhan, provinsi Hubei, China.

GridHEALTH.id - Tim ahli yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul Covid-19 pada hari Jumat (29/01/2021) mengunjungi sebuah rumah sakit di kota Wuhan di China yang merupakan salah satu yang pertama merawat pasien pada hari-hari awal wabah.

Setelah bertemu dengan para ilmuwan Tiongkok pada hari sebelumnya, tim tersebut pergi ke Rumah Sakit Pengobatan Tiongkok dan Barat Terpadu Provinsi Hubei.

Zhang Jixian, Direktur Departemen Pernapasan dan Perawatan Kritis di rumah sakit tersebut, dikutip oleh media pemerintah sebagai orang pertama yang melaporkan virus corona, setelah merawat pasangan lansia pada akhir 2019 yang hasil CT scannya menunjukkan perbedaan dari pneumonia biasa.

“Kunjungan pertama yang sangat penting. Kami berada di rumah sakit yang merawat beberapa kasus Covid-19 pertama yang diketahui, bertemu dengan dokter dan staf yang melakukan pekerjaan ini, berdiskusi terbuka tentang detail pekerjaan mereka, ”Peter Daszak, pimpinan tim WHO menulis di Twitter.

Tim tersebut dibebaskan dari karantina selama dua minggu pada hari Kamis (28/01/2021). Mereka berencana untuk mengunjungi laboratorium, pasar, dan rumah sakit selama dua minggu tersisa di Wuhan, tempat viruscorona pertama kali diidentifikasi pada akhir 2019.

Sementara rencana perjalanan pasti belum diumumkan, WHO mengatakan tim berencana untuk mengunjungi pasar makanan laut di pusat wabah awal serta Institut Virologi Wuhan.

Baca Juga: Apa yang Disembunyikan China? Dirjen WHO Tedros Kecewa Timnya Tak Bisa Masuk Untuk Mengusut Asal Muasal Virus Corona di Wuhan

Baca Juga: Hati-hati, Anak Vegetarian Memiliki Tingkat Vitamin D yang Rendah

Satu hipotesis, yang ditolak oleh China, adalah bahwa wabah tersebut disebabkan oleh kebocoran di laboratorium pemerintah.