Find Us On Social Media :

Diet Rendah Karbohidrat Paling Tepat Untuk Mengatasi Diabetes

Diet rendah kalori paling tepat untuk penyandang diabetes.

GridHEALTH.id - Jauh sebelum insulin ditemukan pada tahun 1921, diet rendah karbohidrat dianggap sebagai pengobatan standar untuk penyandang diabetes.

Terlebih lagi, diet rendah karbohidrat tampaknya berhasil dalam jangka panjang jika orang-orang mematuhinya.

Dalam sebuah penelitian,  penyandang diabetes tipe 2 mengonsumsi makanan rendah karbohidrat selama 6 bulan. Diabetes mereka tetap terkelola dengan baik lebih dari 3 tahun kemudian jika mereka tetap menjalankan diet.

Demikian pula, ketika penyandang diabetes tipe 1 mengikuti diet karbohidrat terbatas, mereka yang mengikuti diet tersebut melihat peningkatan yang signifikan dalam kadar gula darah selama periode 4 tahun.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penyandang diabetes mengalami perbaikan jangka panjang dalam mengelola gula darah ketika mereka menerapkan diet rendah karbohidrat.

Lantas, berapa asupan karbohidrat yang optimal untuk penyandang diabetes? Asupan karbohidrat yang ideal untuk  penyandang diabetes adalah topik yang agak kontroversial, bahkan di antara mereka yang mendukung pembatasan karbohidrat.

Baca Juga: Ada Hubungan Antara Garam dengan Diabetes, Batasi Makanan Kalengan

Baca Juga: Ini Alasannya Pengidap Autoimun Tak Boleh Terima Vaksin Covid-19

Banyak penelitian menemukan peningkatan dramatis dalam kadar gula darah, berat badan, dan penanda lain ketika karbohidrat dibatasi hingga 20 gram per hari.