Find Us On Social Media :

Olahraga Dapat Membantu Mencegah Kanker, Menurut Penelitian Terbaru

Berolahraga rutin yang ringan seperti berjalan kaki ternyata bermanfaat mencegah kanker.

 

GridHEALTH.id - Sejak pandemi dimulai setahun yang lalu, semakin banyak orang yang melaporkan bertambahnya berat badan setelah mengurangi aktivitas fisik sementara yang lain mengatakan mereka telah makan lebih banyak junk food.

Kelebihan berat badan atau obesitas membuat individu rentan terhadap kerusakan jaringan dan perkembangan tumor, dengan lebih dari selusin jenis kanker telah dikaitkan dengan kelebihan berat badan dalam studi penelitian terbaru.

“Kita perlu makan makanan yang lebih baik, tetapi juga jelas bahwa olahraga teratur juga sangat penting dalam pencegahan kanker,” kata Prof Linda Bauld dari Universitas Edinburgh.

Bauld, yang memimpin sesi pada konferensi virtual, Pencegahan Kanker dan Hubungannya dengan Aktivitas Fisik, yang akan diadakan dari tanggal 23 hingga 25 Februari 2021 secara virtual, mengatakan bahwa meskipun merokok dan polusi tetap menjadi penyebab utama kanker di Inggris, obesitas sekarang menjadi risiko tertinggi kedua dan di masa depan sepertinya akan menjadi penyebab utama.

Ini didorong oleh dua faktor. Semakin banyak orang berhenti merokok sementara jumlah yang meningkat menjadi kelebihan berat badan dan obesitas semakin banyak karena lebih banyak berdiam di rumah akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Diet Tinggi Lemak dan Rendah Serat Munculkan Risiko Kanker Prostat

Baca Juga: Telinga Berdengung Akibat Penumpukan Kotoran, Begini Cara Mengatasinya

Akibatnya, diperkirakan pada tahun 2040 obesitas akan menggantikan kebiasaan merokok sebagai penyebab utama kanker yang dapat dicegah pada wanita, pola yang akan diikuti pria beberapa tahun kemudian.